Beton Ringan

beton-ringanBeton ringan adalah beton yang memiliki berat jenis (density) lebih ringan dari pada beton pada umumnya.

Dewasa ini bahan bangunan semakin beragam. Untuk dinding, dahulu orang cenderung menggunakan bataco atau batu bata. Namun saat ini orang sudah mengenal Beton Ringan.Sebenarnya Beton Ringan ini sudah dipergunakan oleh masyarakat swedia pada tahun 1923 sebagai alternatif material bangunan untuk mengurangi penggundulan dan dikembangkan oleh orang jerman bernama Hebel yang sekarang dipakai oleh merek  oleh pabrikan besar yang dikenal orang dengan nama Beton Hebel atau Bata Hebel.

Beton ringan dapat dibuat dengan berbagai cara, antara lain dengan:

1. Dengan Cara Kimiawi ( Autoclave Aerated Concrete / AAC )

Cara ini disebut juga dengan Beton Aerated Cellular Concrete atau biasa disebut Beton AAC. Cara ini pada umumnya digunakan oleh pabrikan dengan investasi yang besar. Bahan baku yang digunakan adalah Pasir kwarsa (Si), Ca0 (Kapur), Aluminium (Al) sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi), Semen.

Setelah adonan tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam. Alumunium pasta yang digunakan dalam adonan tadi, selain berfungsi sebagai pengembang ia berperan dalam mempengaruhi kekerasan beton. Volume aluminium pasta ini berkisar 5-8 persen dari adonan yang dibuat, tergantung kepadatan yang diinginkan. Adonan beton aerasi ini lantas dipotong sesuai ukuran dan dimasukkan Autoclave Camber.

2. Dengan Cara Mekanis ( foamed concrete atau cellular concrete)

Cara mekanis berbeda bahan baku dan proses. Bahan baku yang digunakan adalah pasir, semen dan busa (foam). Bahan tersebut dicampur dengan busa pengisi udara dan langsung dituangkan dalam cetakan sesuai dengan ukuran yang dinginkan.

Keuntungan lain dari Beton Ringan atau Batu Bata Ringan antara lain:

  • Tahan panas (thermal insulation  yang baik)
  • Memiliki peredaman suara yang baik
  • Tahan api (fire resistant)
  • Lebih ringan dari batu bata biasa
  • Transportasi mudah karena ringan
  • Dapat mengurangi kebutuhan bekisting (formwok) dan perancah (scaffolding).

Itulah Keuntungan Menggunakan Beton Ringan atau Bata Ringan yang disebut juga Keuntungan Beton Hebel